CLASS 12: Bandung, atau Jogja? - Widhi Aditya

Latest

Sunday, July 31, 2016

CLASS 12: Bandung, atau Jogja?

Gue baru aja naik ke kelas 12. Dan itu artinya: Siksaan hidup udah didepan mata.

Yoi. Sebagai anak kelas tiga yang baru menjabat kurang lebih dua minggu ini. (baca: dari 18 juli 2016). Gue sendiri sebenernya udah nggak sanggup. Baru aja masuk dua hari, yang dimana jiwa raga dan ruh-nya masih liburan. Gue udah dikasih tugas buat minggu depan.

Naiz.

Tugas-nya adalah: Praktek biologi & fisika, Menggambar batik, & Membuat tanaman Hidroponik.

Baru juga menginjak kelas tiga beberapa hari, 2 hari malahan. Udah dikasih tugas begituan.

Yah namanya juga udah kelas tiga. Nggak ada santai-santainya.

So, welcome to Class 12, man!




Ummmm..

Ngomong-ngomong tentang kelas tiga. Gue sendiri lebih memilih nyicil belajar sbmptn dari sekarang. Karena gue tau, gue pengen banget abis lulus, kuliah di bandung atau ke jogja. Dan salah satunya jalan gue bisa kesana itu, ya harus masuk PTN ( Perguruan Tinggi Negeri ).

Jujur, gue sendiri udah siap mental banget buat tinggal sendirian, menjadi anak kos, yang tiap akhir bulan cuman makan indomie dan ngemil promag doang.




Gue udah siap.

Gue bener-bener mau bisa mandiri.

Dan PTN yang gue incer kalo di Bandung itu UNPAD, dan kalo di Jogja itu, Institut Seni Indonesia Yogya.

Dan jurusanya nggak jauh sama hal yang berbau hal seni juga:

Di UNPAD gue pengen banget masuk jurusan: Film & Televisi

Di ISI Jogja, gue juga pengen banget masuk jurusan yang sama kaya diatas, Film & Televisi.

Entah mengapa gue seneng banget gitu sama dunia making video dan film. Di prodi Film & Televisi, nggak cuman belajar tentang film doang, tapi tentang pertelevisian gitu deh. Menarik sekali rasanya melihat proses dibelakang layar-nya, proses membuatnya dari konsep ide, menulis skriptnya, sampe dieksukusi idenya menjadi film atau videonya, dan ditayangkan didepan layar. I am very excited to learning this.

Tapi jalan gue ke Bandung kayanya nggak gampang deh.

Pertama, Di UNPAD, jurusan FTV itu jurusan IPS, sedangkan gue jurusan IPA, dan gue baru tau juga cara masuk jurusan FTV cuman ada 2 jalan doang: SBMPTN & SNMPTN.

Kedua, gue nggak mungkin ambil jurusan ini di pilihan pertama di UNPAD. Karena jurusan ini terbilang baru. Baru juga ada angkatan pertama. Akreditasi-nya juga belum ada. Jadi nggak mungkin ini gue jadikan pilihan pertama, sedangkan jurusan yang lain Akreditasinya udah A. Aturan-nya harusnya Akreditasi yang paling bagus-lah harusnya di taruh di pertama.

Ketiga, gue nggak bisa lewat SNMPTN daftar prodi ini. Karena anak IPS lebih diutamakan ketimbang anak IPA.

Huft.

Jalan satu-satunya ya SBMPTN doang. Gue jadi berpikir ulang dari sekarang. Nggak gampang soalnya.

Kalo di ISI Yogya, gue malah seneng sama test masuknya. Nggak ribet macam emak-emak nawar pasar. Test masuknya cuman Test Skill, dan Test Wawancara.

Test skill itu, test yang sesuai test yang mau dipilih. Contohnya: Mau masuk perfilm-an. Ya testnya nggak jauh-jauh tentang hal itu. Bisa acting, Directing, dll.

Dan sama Test Wawancara, ya bakal ditanya-tanyain gitu. Namanya juga wawancara keun.

By the way, kalian pada tau nggak prodi Film & Televisi di Indonesia mana aja yang bagus selain Unpad & ISI Jogja?

Tulis di comment yak! :))

4 comments:

  1. Semoga kelak kamu bisa masuk ke universitas dan jurusan yang kamu idam-idamkan ya, sob. Semangat!

    ReplyDelete
  2. Wih bentar lagi mau siap2 jadi mahasiswa. Huhuhu setelah sekian lama ternyata banyak calon2 mahasiswa. Sungguh diri ini sudah tua. Ehm. Oke lanjut. Kalo aku sih nggak ada referensi kampus jurusan yg kamu mau. Cuma kalo aku sih lebih milih kuliah di jogja. Karena suasana jogja enak banget, santun, friendly, dan ngangenin. Persis kayak lagunya kla project. Oh ya, dikolom komentar ditambahin dong pilihannya. Supaya yg komen nggak cuma make google akun doang tp bisa pake akun yang lain. Gitu. Semangat buat nentuin pilihanmu :)

    ReplyDelete
  3. Haha, kelas 12 emang gitu, harus tahan banting soalnya udah mau lulus. kampret banget itu lah, baru dua hari kerja aja udah dapat tugas sebanyak itu hahaha.

    Hmm, tahun depan udah mau masuk ke jenjang kuliah yaa. Kalau aku sih pikirin dulu matang-matang aja antara dua pilihan itu. Lagian kan masih lama juga. sama jangan lupa terus belajar SBMPTN biar diterima di PTN favoritmu.

    ReplyDelete
  4. udah, unpad bagus... hahahhaa. Idola banget, tuh. kalau dulu gue waktu kelas 12 malah stress milih jurusan. kalau mau swasta, di jakarta ada UMN buat jurusan DKV cinematogravi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisan super abstrak gue. Jangan lupa meninggalkan jejak dibawah dengan memberikan komentar, pendapat, ataupun uang recehan.