TIPS KETIKA BUKBER - Widhi Aditya

Latest

Wednesday, July 8, 2015

TIPS KETIKA BUKBER





Dibulan suci Ramadhan ini, Buka Bersama (Bukber) sudah menjadi tradisi yang mainstrim sejak dulu. Bukber biasanya dilakukan sekelompok orang untuk berbuka puasa bersama-sama disuatu tempat tertentu. Selain bersama keluarga, teman, pacar, ataupun selingkuhan. Buka bersama ini bisa membuat ikatan kekeluargaan semakin dekat bahkan terasa lebih bermakna.

Pasti banyak dari kalian yang menerima undangan Bukber, mulai dari temen SMA, SMP, dan SD. Namun bagaimana jika hal-hal tak terduga di ajang bukber terjadi? Berikut merupakan Tips ketika bukber versi gue.


1. KETEMU MANTAN


Ketika kita buka bersama, tak jarang kita bertemu dengan mantan. Entah itu mantan pacar, mantan gebetan, ataupun mantan majikan. Nah, tips gue, ketika lo ketemu mantan. Perlihatkanlah kalo lo yang sekarang itu beda, nggak kaya yang dulu. Maksudnya, Mungkin lo dulu waktu pacaran sama doi masih kaya anak kecil, ingusan, cupu, dekil, dan kaya gembel. Tapi sekarang waktunya lo tunjukin, kalo lo itu udah beda. Gak kaya yang dulu. Dan kalo ketemu mantan, pasang ekspresi biasa aja. Jangan lebay dan kebanyakan drama kaya nyampe ditempat bukber, ngeliat mantan yang makin cakep, lalu nangis dipojokan sambil bawa 2 dus tisu. Jangan! Jangan kaya gitu. Itu mah gue.

2. DUIT TETAP STABIL


Mendapat ajakan bukber otomatis membuat pengeluaran jadi banyak. Memang, buka puasa umumnya tidaklah gratisan. Dan tentunya, kita harus membayar satu menu makanan dengan uang pribadi yang kadang harganya bikin dompet diet. Berbeda jika dirumah, kita tidak mengeluarkan uang sepersen pun. Berikut tips gue buat menghemat ketika bukber:

1) Bawalah minum dari rumah. Iya bawa minumnya aja. Ya buat jaga-jaga gitu kalo misalnya minumannya mahal-mahal. Tips ini juga gue lakuin ketika bukber kemaren. Dan hasilnya…. gue minum bawaan dari rumah, karna harga minumnya bikin mata gue mules.
 2) Bawalah duit secukupnya. Iya bawa duit secukupnya. Gue tau mah tipe-tipe anak jaman sekarang. Kalo lagi banyak duit nih didompet dan perut belom kenyang. Pasti insting pengen nambahnya kumat. Nah ini nih yang bikin lo boros sebenernya. Tapi… hmmm.. sebenernya gue juga gitu sih kemaren. Hehe.
3) Jika diajak di tempat bukber restoran yang mahal, pikir-pikir dulu deh. Misal nih harganya sekitar 80k-an nih. Mending gausah deh. Bayangin, 80k itu bisa dapet nasi kucing berapa bungkus? Banyak kan? Sisanya di kasihin deh buat takjil anak yatim, kan nambah pahala. Tapi, kalo tetep mau bukber di restoran mahal sih, ya gakpapa. Asal jangan lupa bawa no-drop aja biar dompetnya pulang-pulang gak bocor.

3.TIPS SUPAYA JADWAL GAK BERANTAKAN


“Tingkat gaul seseorang berbanding lurus dengan tingkat undangan bukber yang diterima” – Raditya Dika
Iya, tweet raditya dika kemaren seperti sudah mencuci otak para pemuda sebangsa dan setanah air ini. Mereka, berlomba-lomba membuat acara bukber. Bahkan ada, temen gue, hampir tiap hari bukber. Gue gak tau dia punya temen sebanyak apa, Tapi yang jelas, ada hal negatif dalam bukber yang terus menerus setiap hari seperti temen gue itu. Seperti, jadwal jadi berantakan dan kebersamaan bersama keluarga jadi berkurang. Kita harus bener-bener pandai membagi waktu berbuka bersama keluarga & teman. Dan berikut merupakan tips versi gue supaya jadwal lo gak berantakan, dan pastinya makin memper-erat dengan keluarga:

1) Janganlah setiap hari bukber. Karna selain nipisin dompet, waktu berbuka dengan keluarga juga berkurang. Bukankan moment bulan suci ramadhan ini momentnya berkumpul dengan keluarga?
2) Jadilah cerdas & bijak dalam membagi waktu dan hari bukber. Misal nih, Banyak banget undangan bukber yang diterima. Selain harus tau kapasitas dompet kita, kita juga harus tau, kalo kita udah keseringan bukber di luar dan jarang bersama keluarga. Nah, disini. Jadilah orang cerdas dalam membagi waktu. Lo masih mau dapet warisan dari nyokap-bokap lo kan? Nah makanya nurut. Jangan tiap hari Bukber diluar. Dirumah aja. Jadilah orang bijak. Petani aja tiap hari bijak di sawah. *bajak itu mz..*
3) Jika undangan bukber yang kita terima banyak. Jadilah yang selektif!. Pandai-pandailah memilih undangan bukber yang sesuai dengan kapasitas dompet kita. Contoh, Misal, Seperti di undangan Bukber A htm-nya sekitar 60k dengan bonus minum, dan undangan Bukber B htm-nya gratis asalkan cuci piring dulu.  Ya jelas, pilih yang……..B lah. Karna…. KAPAN LAGI ADA BUKBER YANG GRATIS MEN?!? Dan masalah itu cuci piring… itu tanggung sendiri. YANG PENTING GRATIS MEN! GRATIS! TITIK!
*jiwa gratisan bangkit*



*****


Nah itulah Tips Ketika Bukber super gak mutu dari gue. Bisa dipraktekin kalo mau. Ya, kalo mau sih. Makasih sudah meluangkan waktu berharga anda buat membaca tulisan abstrak ini. Bagaimana bermanfaatkan? Semoga sih bermanfaat bagi nusa dan bangsa ini.
…..tapi kayanya ga bermanfaat yah?
Bodoamat, yang penting berbagi tips, deh.  

Sumber gambar:
sekolahumarusman.com
http://pakarcinta.com/blog/duit-suami-duit-isteri-duit-isteri-hak-mutlak-isteri/
http://riapri.blogspot.com/2013_09_01_archive.html

2 comments:

Terima kasih sudah membaca tulisan super abstrak gue. Jangan lupa meninggalkan jejak dibawah dengan memberikan komentar, pendapat, ataupun uang recehan.