Ngomongin Tentang Berkarya - Widhi Aditya

Latest

Sunday, November 1, 2015

Ngomongin Tentang Berkarya

Gue adalah tipikal orang yang haus akan tantangan untuk Berkarya. Entah itu berkarya lewat tulisan, video, ataupun musik. Nggak tau kenapa, gue sering ngerasa gerah dan nggak terima gitu aja kalo ada orang yang bisa bikin sesuatu yang keren, tapi gue nggak bisa. Udah kaya ada sistem otomatis diotak gue untuk selalu tertantang buat melakukan hal baru.

Yup. Gue memang masih muda dan masih SMA. Yang bisa dibilang tipe petualang gue masih tinggi. Jadi masih banyak waktu buat mencari jati diri gue yang sebenarnya. Masih mencoba mencari apa yang sebenernya gue pengen dan menjawab pertanyaan: "Apa yang gue dapet dari berkarya?"

Dan gue bersyukur, diusia semuda ini. Gue udah bisa berpikir maju. Udah bisa berpikir dan berlogika dengan orang yang waras pada umumnya. Gue mikir terus dan terus berpikir. Sampe gue menemukan rumus sekaligus jawaban yang gue dapet jika berkarya:





Ya. Rumus ini nggak berlaku buat gue aja. Tapi buat semua. Mau itu Penulis, Creator lagu & Video, Musician, dll. Pasti akan mendapatkan hal ini. Tapi dengan catatan: Lo harus bekerja keras dan konsisten. Karna hidup ini nggak ada yang Instant. Sekalipun itu mie instant. Karna proses itu penting.

Dan gue tekankan sekali lagi. Jangan pernah menjadikan dua hal tersebut sebagai tujuan lo berkarya. Kenapa? Jika orientasi lo berkarya adalah dua hal tersebut. Maka lo jangan kaget jika nanti hasilnya nggak yang lo harapkan. Tapi, jika orientasi lo berkarya adalah prestasi. Gue yakin, lo bisa mendapatkan apa yang lo mau. Anggep aja dua hal yang dirumus itu bonus dari prestasi lo.

Gue nulis gini, bukan bermaksud menggurui dan merasa gue udah dapet segalanya dari berkarya. Bukan. Bahkan gue masih dibilang masih bayi belom bisa apa-apa. Gue masih belajar. Gue mau lebih berbagi. Berbagi apa yang gue tau. Nggak ada salahnya kan berbagi? :p

Lagipula, gue nulis gini supaya yang baca post ini bisa semangat untuk membuat karya. Karya apapun itu. Dan jangan pernah berhenti untuk terus konsisten. Gue yakin, pasti ada masanya kita pernah direndahin, dibully, dan dikomentarin macem-macem tentang karya kita. Gue yakin itu. Karena hidup itu pasti ada yang suka, ada yang enggak. Seenggaknya, lo sudah berusaha kan daripada yang cuma ngomentarin? Yang ngerendahin dan ngebully aja belom tentu punya karya. Jadi, jangan pernah takut untuk berkarya.

Jadi, berkaryalah apapun itu. Ngga usah kebanyakan pikir, hanya perlu lakukan. Just do it!


"Setiap profesi itu mempunyai keunikan masing-masing. Jadi, jangan pernah takut untuk berkarya." -Isyana Sarasvati. Musician, Bini gue.

7 comments:

  1. mungkin bagi orang-orang kayak gue (atau jngan-jangan cuma gue doang?) berkarya adalah kegiatan untuk menyenangkan diri sendiri. Kalau jelek ya dinikmati sendiri, kalau bagus ya sama, dinikmati sendiri atau nggak dishare ke teman sendiri. (lebih ekstrem lagi, dikirim ke penerbit :v). Karena karya gue belum berani untuk "unjuk gigi" dikalangan selain temen gue sendiri. Tapi kayaknya gue harus merubah mindset gue. Hahaha.... :v
    *catatan: komentar ini ditulis sambil ngantuk.

    ReplyDelete
  2. Semangat terus dalam berkarya ya Sob. Karena dengan berkarya kita naik ke level yang lebih baik.

    ReplyDelete
  3. Wahh aku pernah tu berkarya lewat tulisan dan dibuly,tapi sekarang Alhamdulillah udah banyak yang suka sama tulisanku. semangat teruss. Pemuda Indonesia harus berkarya gak cuman bergaya.

    ReplyDelete
  4. siipp........ bener banget nih, kalo kebanyakan mikir kapan mau berkaryanya, kebanyakan takut sama bullyan sama hinaan nggak akan bikin kita maju, keep moving on ya broo

    ReplyDelete
  5. Wah tulisan positif kayak gini yg saya rindukan... ada atmosfer tersendiri bagi pembaca...
    Jadi semangaat untuk berkarya...
    Jarang orang seusia kamu bisa se visioner ini loh..... apalagi yg masih mencari jati diri,eh tp menurut saya jati diri bukan dicari tapi di Bentuk...^^

    Salam sang pembelajar Aditya keren ^^

    ReplyDelete
  6. sama sepertiku saat ini, cukup sering nulis cerpen. masih tahap belajar sih menlis yang bagus jadi nggak takut salah. karena dalam berkarya itu nggak cukup sekali langsung bagus, pasti butuh usaha yang berulang-ulang

    ReplyDelete
  7. bener bngt tuh wid, ak Setuja bngt Sma Km emg hidup tuh ad yg pro dan kontra Sma kita yg penting kita tunjukin ap yg kita punya, ap yg mit bsa, agar org" yg gak ska Sma kita lihat gmna sbnernya kita,
    semangat dan trus berkaya ya wid

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisan super abstrak gue. Jangan lupa meninggalkan jejak dibawah dengan memberikan komentar, pendapat, ataupun uang recehan.