Gue (Gak Sengaja) Dapet Penghargaan, Men! - Widhi Aditya

Latest

Sunday, October 25, 2015

Gue (Gak Sengaja) Dapet Penghargaan, Men!

Udah seminggu ini, acara gue full padet banget mulai pagi sampe malem. Mulai dari pagi, gue sekolah sampe sore. Pulang sekolah gue langsung bantuin temen take video di café buat di youtube dan biasanya, kelarnya malem jam 9.

Dan dalam seminggu ini juga, gue juga ikut dalam lomba Artikel & Design Poster yang diadain sekolah gue.

Bener-bener nggak ada waktu buat ngojek nulis.

Well, meskipun gue bener-bener padet. Gue sendiri tetep nyicil draft postingan buat diblog. Walaupun efektifnya gue cuman nulis 1 jam perhari, itu udah sebuah prestasi buat gue, mengingat susahnya megang laptop selama seminggu ini.

Ehm..

Gue mau cerita apa ya….

Hmphhh…

Oh iya, Ngomong-ngomong tentang lomba yang gue ikuti itu, tentang lomba Artikel dan Design Poster. Banyak suka duka gue saat ikut lomba ini. Terutama tentang artikel. Kriteria artikel yang harus dibuat adalah: Berbahasa formal, sesuai tema, dan EYD harus benar.

Yes, Berbahasa formal, sesuai tema, dan EYD harus benar.

What the hell.





Bukannya gue nggak bisa berbahasa formal dan EYD. Gue itu tipikal penulis bebas. Penulis yang mem-bodoamat-kan peraturan yang mencekik seperti itu. Gue selama ini nulis sebebas dan semau pantat jidat gue, Nggak pernah mikirin yang namanya bahasanya jelek lah, EYD-nya berantakanlah, ataupun EYD-nya bagus tapi muka gue yang berantakan lah. Nggak, nggak pernah mikirin itu. Selama gue nulis nyaman, ya gue nulis bebas.

Tapi, bukan berarti EYD itu nggak penting bagi gue. EYD itu penting, tapi tergantung dari perspektif dalam hal seperti apa dulu menggunakan EYD tersebut. Misalnya kaya waktu lo nulis buku, nulis skenario, nulis dimajalah, dll. Nah yang seperti itu penting buat memerhatikan EYD-nya.Tapi karna udah kebiasaan nulis bebas, gue jadi susah nulis formal apalagi harus sesuai tema. Gitu. 

Pahamkan? Nggak ya? Sama, gue juga.. #karepmuwidkarepmu

Didalam proses pembuatan Artikel, gue memakan waktu empat hari. Bener-bener tantangan sendiri buat gue nulis formal. Kepala gue hampir botak, mikirin cerita agar nyambung ke tema. Gue dalam penulisan artikel tersebut bisa dibilang cukup bergaya. Karena gue pernah nyicil draft pertama waktu nulis artikel tersebut di kafe, di dalam BRT, di tengah-tengah kondangan mantan sepupu, dan yang paling keren, Di toilet mall.

Yoi ditoilet mall, ditoilet yang dihimpit oleh bilik kanan dan kiri yang didalamnya berisi orang yang sedang berjuang (baca: boker) dengan ditemani suara-suara indah (baca: kentut) dan bau-bau yang tidak sedap yang dengan brutal menusuk hidung.

Gue juga nggak tau kenapa, ketika boker bisa mendapatkan inspirasi nulis sebanyak itu. Dan yang paling gue nggak ngerti, kenapa gue bisa betah nulis diwc kaya gitu. Entahlah, gue juga bingung. #widhianakbingungan #memprihatinkan  

Dan untuk poster, gue cuman memakan waktu 3 jam saja untuk men-design poster. Itu-pun gue bikin design poster dilab sekolah gue, dan yang paling kampret, komputer dilab sekolah gue susah dinyalainnya. Harus dikasih dupa sama vas dulu baru mau nyala. Kadang juga gue sogok dengan iming-iming nomor hape komputer cakep yang dipojok biar nyala. Ngeselin emang.

Dan ketika dihari H pengumpulan karya. Gue bingung ketika banyak orang-orang yang ngumpulin karya bagian artikel, bersama flashdisk. Gue bingung kenapa bawa pada bawa flashidisk. Dan beberapa detik kemudian, gue sadar, GUE TERNYATA KETINGGALAN FLASHDISK! KAMPRET!



Dan dengan terpaksa. Gue bilang sambil memelas ke petugas. Bahwa flashdisk gue ketinggalan. Petugas dengan santai menjawab
“Lah salah siapa suruh ketinggalan. Kan kemaren udah dibilangin”

Der! Mampus!
Mendengar jawaban seperti itu, gue makin memelas kaya pengemis belom makan seminggu. “Tapi kan pak, saya lupa… Boleh ijin pulang buat ngambil pak?”
“Gak boleh ijin buat ninggalin jam pelajaran. Kecuali ya nanti habis pulang sekolah. Saya tunggu 30 menit.” Cetusnya dengan muka kecut.
“Tapi pak… rumah saya ja….”
“Ssstttttt” Kata petugas dengan nempelin jari telunjuknya dibibir gue.
“Gak ada tapi-tapian.. Pulang sekolah pokoknya, lebih dari 30 menit. Di-diskualifikasi.” Kata petugas dengan seakan-akan sorot mata yang penuh cinta ke gue. 
Karna gue lebih takut akhirnya jadian sama petugas. Gue jawab pelan. “Ok…oke pak."

Setelah kejadian itu, gue mikir dan cuman ada tiga pilihan yang harus gue lakuin:
1. Nelpon nyokap, Nyuruh nyokap ngambilin flashdish gue, lalu mengantarkan ke sekolah.
2. Cabut atau keluar jam sekolah diem-diem.
3. Jadian sama petugasnya.

Dan untungnya, gue nggak jadi milih yang nomor tiga. Karna flashdisk gue akhirnya ketemu.
Yoi. Benda yang gue cari daritadi ini ternyata ketemu! Ternyata flashdisk gue keselip di kantong dompret gue. BIJII KUDAAAAAA!


Ekpresi gue ketika ketemu flashdisk, dan nggak jadi jadian sama petugas. \o/


Dan alhamdulilahnya, Gue juara design poster. Lebih tepatnya… juara tiga. Iya gue tau sebenernya juara tiga itu juara bonus. Juara kasihan. Juara buat nemenin juara satu sama dua. Iya gue tau. Tapi, gue bersyukur karena ini bener-bener diluar ekpetasi gue bisa menang.




Setelah dapet piagam ini. Gue jadi tau sensasinya ketika berkarya, karya-nya diapresiasi sama orang. Bener-bener bangga banget. Ada kepuasaan tersendiri yang bergejolak didalam jiwa, ketika karya lo banyak yang suka. Trust me, ketika lo berkarya, dan karya lo diapresiasi dengan orang. Lo bakal ngerasain bagaimana sensasi yang gue rasain. Bener-bener nggak bisa diungkapin lewat kata-kata.

Dan yang paling penting dalam berkarya adalah, Jadilah Diri Sendiri. Karna lo bakal jadi keren, ketika lo berhasil jadi diri sendiri.

Azight.




6 comments:

  1. Sebenernya gue lebih penasaran sama artikel atau design poster yang lo menangin, kek gimana sih? Item pentingnya kok gak di display dimari. lagian perjuangan banget yah kayaknya ngebikinnya, mulai dari nyicil artikel sampe bikin design di lab sekolah.

    ceilah orang sibuk nih ceritanya, sampe susah megang laptop wkwk
    jangan lupa video youtubenya tempel juga dimari. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya posternya ya. Kenapa gue gak kepikiran..

      Oke deh, nanti gue edit dan tambahin.

      By the way, gue emang sengaja sih belom nempel chanel youtube gue disini. Soalnya video masih pada belom jadi. Masih tahap-tahap take video dulu. Belom sempet ngedit, apalagi upload. Hehe

      Delete
  2. Pengen liat hasilnya.. jadi penasaran.

    Bdw, selamat yah, salam kenal juga,
    Rahul Syarif (sang pengelolah limbah masyarakat)

    ReplyDelete
  3. harusnya hasil karyanya juga dilampirka bro, biar pembaca juga bisa tahu seperti apasih hasil karya para juara :p
    selamat ya brow

    ReplyDelete
  4. Wanjir mantep dah. Pasti rasanya fd ketinggalan itu frustasi gara-gara mau didiskualifikasi. Tapi untungnya fd nya ketemu. Dan akhirnya dapet juara ketiga, yah walaupun juara bonus sih, kasihan banget. Tapi lebih kasihan aku, yang nggak juara apa-apa, hiks.

    ReplyDelete
  5. Cie... akhirnya happy ending juga ternyata. hahaha.. :v

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisan super abstrak gue. Jangan lupa meninggalkan jejak dibawah dengan memberikan komentar, pendapat, ataupun uang recehan.