HAL YANG MEMBUAT PELAJAR STREES: TUGAS! - Widhi Aditya

Latest

Sunday, August 16, 2015

HAL YANG MEMBUAT PELAJAR STREES: TUGAS!

Dua minggu terakhir ini gue lagi sibuk-sibuknya ngerjain tugas. Bukan karna gue emang lagi rajin apa gimana, tugas-nya emang lagi banyak banget dan bener-bener di atas standar manusiawi banget.



Gue kesel sama tugas-tugas yang diberikan sama guru karena… waktu libur gue jadi kesita banyak. Yang biasanya gue dihari libur bangun siang, sekarang bangun pagi. Yang biasanya gue di hari minggu duduk-duduk lucu dirumah sambil nonton tipi, sekarang udah harus ngerjain tugas dari pagi. Yang biasanya di setiap hari libur gue ngumpul sama keluarga, Sekarang sibuk ngerjain tugas. Bener-bener masa muda gue…. seperti di dedikasikan buat tugas.

Dan karna tugas juga, waktu gue buat istirahat juga makin berkurang. Bayangkan teman-teman, tiap pulang sekolah, gue nyari bahan tugas sampe sore. Malem nya ngerjain tugas. Besok paginya udah kesekolah…

Keren ya, hampir ngalahin bokap gue yang kerja..

Dan yang paling gue kesel adalah, di Semarang semua SMA/SMK di Semarang udah diberlakukan untuk setiap wajib belajar cuman Senin-Jumat. Lho sabtunya? Ya libur. Bisa dibaca beritanya disini: http://regional.kompas.com/read/2015/07/21/13052881/Tahun.Ajaran.Baru.SMA.SMK.di.Jateng.Terapkan.Sekolah.Lima.Hari
Sebenernya baru mulai tahun ini di Semarang mulai menerapkan setiap sabtu libur untuk SMA. Itu karena banyak siswa yang protes akan beratnya kurikulum 2013 dan membuat waktu bersama keluarga menjadi berkurang.

Lah sedangkan gue?

Sekolah gue make Kurikulum 2013, jam wajib belajarnya masih Senin – Sabtu. Dan pulangnya Setengah tiga.

Iya, setengah tiga.

Jam-jam nya matahari terik banget dan jam yang pas banget buat bobo siang dikelonin Pevita Pearce.

Kalo ada yang nanya gue capek apa enggak. Ya jelas lah, capek. Gue ngeliat temen gue juga seperti itu, keliatan capeknya. Udah kaya zombie sambil pake tas tiap pulang sekolah.

Yah namanya juga kurikulum baru….

Jujur, hal yang paling ngeselin kurikulum baru adalah yang Dikit-dikit-ada-tugas-bikin-kelompok. Yoi, ada tugas ini lah, tugas itulah. Disuruh bikin kelompok. Gue kesel bukan karna waktu kelompok yang kerja gue doang lalu yang lain mejeng nungguin gue doang gitu, bukan. Yang gue maksud itu yang kalo dibuat ngumpul buat ngerjain itu susah. Misal nih, di bbm, disebuah multi chat bbm:

“ Woy jadi gak nih buat tugasnya.”
“Jadilah, dirumah Sumenep sekarang”
“Loh sekarang? Kok dadak? gue nyusul ya..”
“Lah tadi kan lo udah gue bilangin, bencong”
“Gue juga nyusul ya….”
“Gue juga ya.”
“Iya sama, gue juga ya”

Lama-lama, berguguran lah manusia-manusia kampret diatas. Dan kata ‘nyusul’ hanyalah penenang dan akhirnya menjadi wacana belaka..

Gitu terus kelakuan sikampret-kampret diatas sampe firaun puber yang ke 9837984792387.

Susah banget dah pokoknya kalo dibuat ngumpul buat tugas. Beda ceritanya kalo ada yang ulang taun lalu ada yang update di path. Pasti langsung nyamber nyariin entah itu lewat bbm ataupun medsos lainya. Contoh apdet di path kaya gini:

“Ditraktir Sumenep with Endok, Eceng, Encok at Starbucks”
Pasti ada aja yang nyamber di coment path ataupun langsung nge-bbm gue, seperti:
“Eh lo msh di sbux? Gue nyusul ya.”
“lo di sbux? Dih ga ngajak..”
Sampe yang keliatan banget minta gratisan:
“lo di sbux? Gue nyusul ya.. Masih ada Sumenep kan?”
Bener-bener, Mental pelajar kalian memang luar biasa.

***

Denger-denger sih, baru tahun depan sekolah gue baru menerapkan Jam Belajar Wajib-nya sampe jumat. Tapi yang pasti, jelas ini gak adil banget buat gue. Temen-temen gue dirumah tiap hari sabtu santai-santai sedangkan gue sekolah dengan kepala yang hampir putus.

Dan gue sengaja nyempetin nge-blog. Karna gue lagi mumet banget. Strees sendiri gue mikir tugas yang gak abis-abis kaya bulu ketek Balloteli. Sampe bulu kaki ikutan keriting juga mikirin tugas.
Tapi yah… namanya juga hidup ya. Kalo gak ada rintangan dan halangan-nya gak Seru. Gue mikir, mungkin ini halangan dan rintangan-nya… dan Ada satu quote dari mba Windy, penulis favorit gue yang gue demen sampe sekarang:


Jika lo mendapat kan apa yang lo mau tanpa halangan dan rintangan, Lo gak tau rasanya mendapatkan apa yang lo mau dengan usaha.

Keren ya? Ehm.

5 comments:

  1. Huooooo.. Ketemu anak Semarang lagiiii... Sama-sama anak SMA juga, Bedanya saya masih kelas 10 :)
    Setuju juga sih sama manusia2 yang nggak bisa diajak ngumpul kalo lagi susah. Persis temen2 sekolah saya

    Visit juga ya mas..
    kisah2pelajar.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Ha.. yang sabar, ya. Gue juga sibuk banget sama tugas. Kita senasib.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca tulisan super abstrak gue. Jangan lupa meninggalkan jejak dibawah dengan memberikan komentar, pendapat, ataupun uang recehan.